Sunday, December 23, 2012

Tips mengusir "Feeling Lonely"


Pernahkan anda merasakan kesepian merasa sendiri walaupun anda berada di tengah keramaian. Suara kebisingan disekitarmu seakan-akan tidak terdengar, kita menjadi orang yang tuli tidak bias mendengar mereka, karena hati yang terasa dingin.
Ternyata rasa sepi itu bukan datang dari luar, but it’s come from your own self. Rasa sepi, dingin dan terasing yang dimaksudkan disini adalah ketika hati berasa hampa dikarenakan banyaknya masalah yang kita hadapi, sehingga seolah-olah kita tenggelam bersama dengan masalah itu. Jika hal ini sedang menimpa kita maka kita harus waspada agar hal ini jangan sampai berlarut-larut. Sebelum hal ini berlangsung kelamaan, maka kita harus cepat sadar dan bangkit, kita harus lawan semua rasa sepi itu, buatlah hatimu kembali hangat, sehingga kau akan merasakan keceriaan kembali. Rebutlah kehangatan itu dari si tangan2 pencuri itu, jika kita tidak segera merebutnya kembali, maka tangan2 dingin itu akan menggerogoti dirimu, engkau akan semakin rapuh dan lilin kehangatanmu akan memudar bahkan padam.
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengusir rasa sepi itu, setiap orang pasti memiliki caranya masing2. Disini penulis ingin berbagi cerita, pengalaman dan informasi hal-hal apa sajakah yang bisa kita perbuat untuk mambantu agar kita bisa segera keluar dari rasa loneliness tsb,  yaitu:

TAKE A TIME JUST FOR YOUR SELF
Biasanya orang-orang cenderung merasa kesepian karena sedang ada masalah yang membuat mereka menarik diri dari dunia sekitarnya, itu sangat manusiawi. Maka ambilah kesempatan itu untuk melakukan semua hal yang kau sukai sendirian, dimana passion mu, misalkan klo penulis suka sekali mendengarkan music sambil membaca buku atau browsing2 di internet, atau bahkan menonton film, atau menulis blog seperti ini juga bisa, olahraga juga bisa tuch nge-gym, berenang, dll.
Melakukan hal2 itu akan sangat membantu, dikarenakan kita berkegiatan maka kita akan disibukkan dengan hal2 tsb, dan konsentrasi kita akan terpusat pada kegiatan tsb. sehingga akan lupa dengan rasa sepi itu (semua permasalahan yang sedang dihadapi)

POSITIVE THINKING
Cobalah selalu berfikir positif, bahwa dari setiap masalah yang kita hadapi, sehingga kita merasa sepi dan terasing itu semua hanya kamuflase semata. Jadi cobalah untuk meng- encourage our self dengan kata-kata yang membangun, dan katakan hal itu sampai terdengar di telinga kita, dan katakana berulang-ulang. Contohnya: “SAYA BAIK-BAIK SAJA”, “SAYA MEMAAFKAN DIA”, “MASALAH YANG KU HADAPI TIDAKLAH MEMBUAT DUNIAKU BERAKHIR TAPI AKAN MEMBUAT AKU TAMBAH TEGAR” , “INI UJIAN UNTUK NAIK KELAS”, “MASIH BANYAK YANG SAYANG DAN PEDULI PADAKU”, “AKU HARUS BANGKIT”, untuk yang baru patah hati mungkin bisa mengutip kata-kata dari band shaden “DUNIA BELUM BERAKHIR JIKA KAU PUTUSKAN AKU, MASIH BANYAK TEMAN KU DISINI MENEMANIKU, DUNIA BELUM BERAKHIR JIKA KAU PUTUSKAN AKU, PALING-PALING KALAU KAMU MENTOK BALIK PADAKU” hehehehehe J ^_^, dan masih banyak lagi, kata-kata positif yang bisa kita temukan untuk memotivasi diri.

FIND FRESH AIR
Istilahnya carilah udara segar, dengan berjalan-jalan keluar rumah, biar kita gak bertambah sumpek, karena udara segar bisa membuat kita lebih fresh, sehingga bisa melupakan semua masalah kita, yang membuat kita terbenam dalam dinginnya rasa kesepian yang membuat kita merasa terasing.
Banyak hal yang bisa dilakukan seperti, window shopping, ngumpul bareng bersama orang-orang terdekat entah keluarga, sahabat, teman, karena menghabiskan waktu dengan mereka akan sangat membantu kita cepat pulih ke keadaan semula, atau mau pergi ke pantai trus teriak-teriak juga bisa. Atau yang suka wisata kuliner juga bisa sich pergi makan-makan aja, tapi hati-hati kalau kebablasan dan keseringan bisa merusak bodyyyyyyy. Atau yang hobby memanjakan diri bisa ke salon atau relax axing di spa, tapi yach itu kudu nyiapain banyak duit. Hehehehe Jangan sampai tar tagihan kartu kredit membengkak yach. 

CURHAT
Mungkin yang tidak bisa memendam perasaan sendiri, atau tidak terbiasa menyalurkan energy emosi dgn melakukan kegiatan mandiri sendiri, cenderung membutuhkan orang lain untuk mendengarkan keluh kesahnya. Silahkan pilihlah seorang sahabatmu yang bisa kau percaya untuk memegang rahasiamu, ceritakanlah pada orang tersebut seluruh permasalahanmu, itu akan membuat anda lebih tenang. Jangan sembarangan cerita permasalahan kesemua orang, kalau tidak ingin akhirnya kita menjadi bahan gossip. So, be careful with your choice. Kalau mau tempat Curhat yang paling aman sich sebenarnya Curhat kepada Tuhan, karena Dia maha mendengar dan Tuhan sangat dapat diandalkan, tidak akan pernah membocorkan rahasia kita. Ada satu lagu yang sangat bagus yang menyatakan kehadiran Tuhan, coba di simak yach, semoga bermanfaat lirik nya “ you feel that you’re lonely, doesn’t mean that your alone, you feel that nobody wants you, doesn’t mean that no one cares about you, Listen to the Words I say, that I will always by your side, you mean everything to Me, and I will never leave you cause I love you so………….” (that’s GOD, He never leave us alone).  

*****
Itu adalah beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan, jika sobat semua punya cara lain yang sudah sering dicoba dan ampuh bisa di sharing juga disini.
Intinya sich kalau kata penulis bahwa perasaan loneliness itu sangat manusawi dan terkadang dia datang menghinggapi siapa saja tanpa permisi, tanpa memandang waktu & tempat, bahkan tidak pernah memandang status keberadaan kita. Maka diri kita sendirilah yang harus segera mengusir perasaan tsb pergi secepatnya. Dan setelah semua tips dan cara di atas dilakukan, setelah kita merasa lebih nyaman dan mulai merasakan kehangatan di dalam hati, maka kita harus belajar menghadapi masalah tersebut, karena kita tidak akan pernah bisa lari dari permasalahan, Masalah ada bukan untuk di hindari tetapi untuk dihadapi. Percayalah bahwa selalu ada jalan keluar yang terbaik, selalu ada matahari sehabis hujan, kalau mengutip judul buku ibu Kartini “Habis gelap terbitlah terang”.
Ayo tetap semangat dalam menghadapi semua arus dan riak-riak kehidupan, semoga bacaan ini bermanfaat dan berguna bagi para pembaca. “SILENT: AVOID MANY PROBLEMS, BUT SMILE: CAN SOLVE MANY PROBLEMS”.


2 comments: